MANAJEMEN
PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT
DI SMK
MUHAMMADIYAH 2 BOJA
LAPORAN MINI RISET
Disusun Guna
Memenuhi Tugas
Mata Kuliah
: Manajemen
Pendidikan Islam
Dosen
Pengampu : Dr. Fatah Syukur, NC, M. Ag.
Disusun Oleh :
Afan Iza Mustofa ( 1403036033 )
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
Lembar
KATA PENGANTAR
بسم الله
الرحمن الرحيم
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas
limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga saya dapat melaksanakan
penelitian tentang Manajemen Pemasaran di SMK 2 MUHAMMADIYAH BOJA, dengan
lancar. Shalawat serta salam saya
curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa ummat manusia
pada gerbang kemuliaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata
kuliah manajemen pendidikan Islam, yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa yang
ikut mata kuliah manajemen pendidika Islam dengan dosen pengampu Dr.H.Fatah
Syukur NC, M.Ag.
Tak lupa
saya haturkan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Dr. H.
Fatah Syukur NC, M.Ag yang mengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan Islam atas
kesediaannya dalam memberikan bimbingan dan arahan di kelas sehingga bisa
menambah pengetahuan saya terutam tentang manajemen pendidikan Islam.
Takluput
para teman-teman KI-5 dan lembaga SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA yang telah bersedia menerima saya untuk melakukan penelitian. Dan semua
yang ikut membantu saya dalam menyelesaikan tugas penelitian ini.
Akhirnya
penulis berharap
semoga penelitian ini dapat bermanfaat
dan memberikan masukan bagi penyusun sendiri khususnya, dan umumnya bagi para
pembaca. Amin, Terima kasih.
Semarang, 20 Desember
2016
Afan Iza Mustofa
HALAMAN
JUDUL …………………………………………………….......................1
HALAMAN
PENGESAHAN…….…………………………………………….............2
PENGANTAR
PENELITI………………………………………………………............3
DAFTAR ISI
……………………………………….…………………………..............4
BAB I :
PENDAHULUAN …………………………………………………….............5
A.
Latar
belakang masalah ………………………………………………...............5
B. Rumusan Masalah ……………………..…… ………….……………...............6
C.
Tujuan dan
Manfaat Penelitian …..………………………………...............…..6
BAB II : LANDAAN
TEORI ........................................………………………............6
A. Konsep Manajemen Pemasaran..................................................................................6
1.
Pengertian
Manajemen Pemasaran…………………………...................................6
2.
Tujuan dan
fungsi Manajemen Pemasaran…………………...................................7
3.
Langkah langkah strategis manajemen
pemasaran...................................................8
BAB III : METOD PENELITIAN………………………………………………...........9
BAB IV : DESKRIPSI DATA…...………………………………………………........10
BAB V : ANALISA DATA HASIL PENELITIAN………………….………….........17
BAB VI : PENUTUP…...………………………………………………………..........18
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………........20
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sebagai salah satu komponen utama
dalam sistem pendidikan, lembaga pendidikan sudah selayaknya memberikan
kontribusi yang nyata dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).
Apabila lembaga pendidikan dianalogikan sebagai mesin produksi, maka kualitas
output akan ditentukan oleh kualitas mesin tersebut. Artinya, pengelolaan
pendidikan yang bermutu tidak terlepas dari fungsi-fungsi manajemen secara umum
yaitu: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian.
Fungsi-fungsi manajerial tersebut hendaknya dilakukan oleh setiap pengelola
lembaga pendidikan secara efektif dan efisien, dan secara khusus pimpinan atau
kepala merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam pengelolaan sumber
daya lembaga pendidikan.
Pendidikan yang bermutu merupakan
standar kesesuain tampilan terhadap atribut-atribut yang dianggap penting oleh
para pelanggan/pengguna jasa pendidikan. Atribut-atribut mutu tersebut
hendaknya diketahui oleh penyelenggara lembaga pendidikan, sehingga dalam
operasional kegiatan dapat mengacu pada kepentingan mutu pelanggan. Karena
kegiatan pendidikan di sekolah adalah sebagai salah satu bentuk pelayanan jasa
yang memiliki bentuk proses yang sirkuler bukan linier atau sekedar jual beli.
Pemasaran,
yang lebih dikenal dengan istilah asing “marketing”
adalah suatu metode baru untuk memajukan dan mengembangkan potensi sebuah
organisasi dengan memusatkan sasaran atau target, terutama pada masyarakat yang
benar-benar memutuhkan dan menginginkan organisasi kita, dan tujuan dari
pemasaran adalah membantu pengelola suatu organisasi untuk memutuskan produk
apa yang mesti ditawarkan terlebih dahulu.
Berkaitan dengan penjelasan diatas,
selanjutnya peneliti akan meneliti hal – hal yang berkaitan dengan manajemen
pemasaran di suatu lembaga, sehingga judul yang akan di teliti adalah “ MANAJEMEN PEMASARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2
BOJA SEHINGGA MENARIK MINAT MASYARAKAT”
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara pemasaran sekolah sehingga menarik
minat masyarakat di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA?
C.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan dari penelitian ini
adalah
Tujuan :
Untuk
mengetahui bagaimana poses pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Boja
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Untuk memenuhi persyaratan mengikuti UAS bagi peneliti pada mata kuliah manajemen pendidikan islam.
2.
Dapat menambah pengetahuan penulis mengenai ilmu
manajemen sekolah khususnya tentang Manajemen Pemasaran
3.
Bagi dunia pendidikan pada umumnya hasil penelitian
ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan pengaturan dan potensi
peserta didik
4.
Dapat dijadikan wacana dan informasi mengenai
Manajemen Pemasaran
BAB II
LANDASAN TEORI
A.
Konsep Manajemen Pemasaran
1.
Pengertian Manajemen Pemasaran
Dijelaskan
dalam kamus besar bahasa indonesia mengenai arti manajemen, yaitu :
a.
penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai
sasaran
b.
pimpinan yg bertanggung jawab atas jalannya perusahaan
dan organisasi. Sedangkan pemasaran diartikan sebagai perihal berupa proses, cara,
perbuatan yang menyangkut penyebarluasan barang dagangan (barang atau jasa)
dari produser kepada konsumen.[1]
Dengan demikian manajemen pemasaran adalah manajemen dengan sistem yang
berpegang pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional
sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran. Dan jika
dilihat dari segi manajemen pemasaran, pendidikan sendiri dapat dikatakan
sebagai produk jasa yang merupakan sesuatu tidak berwujud akan tetapi dapat
memenuhi kebutuhan konsumen yang dapat diproses dengan menggunakan atau tidak
menggunakan bantuan produk fisik, dan proses yang terjadi merupakan interaksi
antara penyedian jasa dengan pengguna jasa yang memiliki sifat tidak
mengakibatkan peralihan hak atau kepemimpinan.[2]
Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa yang dimaksud dengan
manajemen pemasaran Pendidikan adalah manajemen dengan sistem yang berlandaskan
pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional dalam sebuah
lembaga Pendidikan sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran yang
berorientasi pada konsumen.[3]
2.
Tujuan dan
fungsi Manajemen Pemasaran
Untuk
menentukan tujuan maupun fungsi dari pemasaran Pendidikan, tentunya tidak akan
dapat terlepas dari pengertian yang telah disampaikan di atas. Adapun beberapa
tujuan dari pemasaran pendidikan adalah
a.
Memberi informasi kepada masyarakat tentang
produk-produk lembaga pendidikan
b.
Meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat pada
produk lembaga pendidikan,
c.
Membedakan produk lembaga pendidikan dengan lembaga
pendidikan yang lain,
d.
Memberikan penilaian lebih pada masyarakat dengan
produk yang ditawarkan, dan
e.
Menstabilkan eksisensi dan kebermaknaan lembaga
pendidikan di masyarakat.
Jadi, yang
ingin dicapai dari pemasaran pendidikan adalah mendapatkan pelanggan yang
disesuaikan dengan target, baik itu yang berkaitan dengan kualitas maupun
kuantitas dari calon pelanggan (siswa).[4]
Sedangkan fungsi dari pemasaan pendidikan adalah sebagai langkah
pembaharuan ketika sebuah lembaga pendidikan harus mengikuti atau mengimbangi
ketatnya persaingan dalam memperoleh pelanggan (customer). Jadi, pemasaran
pendidikan berguna sebagai suatu langkah dalam mengimbangi posisi pendidikan di
era persaingan global.[5]
3.
Langkah Langkah strategis
Pemasaran Pendidikan
Di dalam
pemasaran pendidikan terdapat beberapa langkah strategis, yaitu :
1.
Identifikasi pasar, yaitu sebuah penelitian yang
dilakukan untuk mengetahui kondisi dan ekspektasi pasar termasuk atribut-atribut
pendidikan yang menjadi kepentingan konsumen pendidikan.
2.
Segmentasi pasar dan positioning, yaitu membagi pasar
menjadi kelompok pembeli yang dibedakan berdasarkan kebutuhan, karaktristik,
atau tingkah laku yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda. Sedangkan
positioning adalah karakteristik dan pembedaan produk yang nyata yang
memudahkan konsumen untuk membedakan produk jasa antara satu lembaga dengan
lembaga lainnya.
3.
Diferensiasi produk, melakukan diferensiasi merupakan
cara yang efektif dalam mencari perhatian pasar. Strategi ini adalah strategi
yang memberikan penawaran yang berbeda dibandingkan penawaran yang diberikan
oleh kompetitor.
4.
Komunikasi pemasaran, yaitu publikasi prestasi oleh
media independen, seperti berita dalam media massa.
5.
Pelayanan sekolah, hal ini terlihat sebagai apa yang
diharapka konsumen. Kesenjangan yang sering terjadi adalah adanya perbedaan
persepsi kualitas dan atribut jasa pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian
terhadap organisasi jasa, termasuk sekolah terdapat beberapa ciri organisasi
jasa yang baik, yaitu memiliki :
1.
Konsep strategis yang memiliki fokus pada konsumen
2.
Komitmen kualitas dari manajemen puncak.
3.
Penetapan standar yang tinggi.
4.
Sistem untuk memonitor kinerja jasa.
5.
Sistem untuk memuaskan keluhan pelanggan.
6.
Memuaskan karyawan sama engan pelanggan.
Terdapat lima langkah dalam rangka mencapai ciri-ciri
di atas, yaitu :
1. Keandalan
merupakan kemamampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan dengan tepat dan
terpercaya.
2. Responsif
merupakan kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat.
3. Keyakinan
merupakan pengetahuan dan kompetensi guru dan kemampuan mereka untuk
menimbulkan kepercayaan dan keyakinan.
4. Empati
merupakan syarat untuk peduli, memberi perhatian pribadi bagi pelanggan.
5. Berujud
merupakan penampilan fasilitas fisik, peralatan, personil dan media komunikasi.[6]
BAB III
METODE PENELITIAN
A.
Rancangan Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif.
Metode penelitian ini merupakan metode yang berusaha untuk mengungkap fakta
suatu kejadian, obyek, aktivitas, proses, dan manusia secara apa adanya pada
waktu sekarang atau jangka waktu yang masih memungkinkan dalam ingatan
responden.
B. Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui manajemen Pemasaran di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
C. Lokasi Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
D.
Metode Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Metode
Observasi
Metode observasi diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik
terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian.[7]
Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan tentang situasi
umum di SK MUHAMMADIYAH 2 BOJA yang meliputi : tinjauan Historis, dan Manajeme
pemasaran. Selain itu teknik ini juga digunakan untuk melihat dari dekat
kendala-kendala
dalam bauran pemasaran yang telah dilakukan.
2. Metode
Interview (wawancara)
Metode Interview (wawancara) adalah bentuk komunikasi antara dua orang, melibatkan seseorang yang ingin memperoleh informasi dari seseorang lainnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan beradasarkan tujuan tertentu.[8]
Dalam hal ini penulis menggunakan metode wawancara langsung dengan kepala
SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA dan Waka
Kesiswaan SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
BAB IV
DESKRIPSI DATA DAN ANALISIS DATA
A. Gambaran Umum SMK
MUHAMMADIYAH 2 BOJA
1. Profil SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
SMK Muhammadiyah 2 Boja berdiri tanggal 18 Juli
tahun 1990 masih menumpang SMA Muhammadiyah 2 Boja dalam proses pembelajarannya
masuk siang sedang pagi digunakan pembelajaran SMA Muhammadiyah 2 Boja, Jurusan
yang dibuka adalah Teknik Elektro dan Teknik Otomotif masing masing 1 kelas
dengan jumlah siswa 27 untuk Teknik Otomotif dan 20 Teknik Elektro, pendirian
tersebut dengan pengajuan MPK Muhammadiyah Kendal tanggal 10 November 1989
nomor E.6/MPK/117/189 dan dengan Surat Persetujuan Pendirian /Persetujuan Penyelenggaraan
sekolah Swasta Kepala kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Provinsi Jawa Tengah dengan nomor 676/I03/I/90 tertanggal 17 Mei1990.
Tahun ketahun Animo masyarakat mengalami peningkatan
maka Pimpimam Cabang Muhammadiyah Boja Majelis Dikdasmen berupaya secara
maksimal untuk bisa memiliki tanah yang digunakan untuk SMK Muhammadiyah 2
Boja, Secara bertahap membeli tanah seluas 7.121 M. Pembelian tersebut dengan
cara dilelang kepada warga Muhammadiyah dan sesudah tanah terbeli secara bertahab
pula membangun gedung , berdasarkan rapat PCM dan Dikdasmen serta Panitia
pembangunan sepakat membangun gedung A 3 Lantai dengan dana salah satunya
pinjam KOSPIN JASA Weleri, alhmdulillah pengajuan permohonan pinjam
direalisasi. Dengan dana yang dimiliki dan hasil pinjaman membuat 4 dak lantai
2 sudah jadi untuk meneruskannya kehabisan dana, pada tahun 1999 ada workshop
yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang
pada saat itu ketuanya bapak Prof Yunan yusuf , pada saat workshop bapak Yunan
menyampaikan bahwa Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah memiliki dana
, begitu selesai bapak Yunan Yususf memberikan materi kami langsung
silaturrahim dan lobi bagaimana kalau Pimpinan Cabang Muhammadiyah Boja pinjam
uang sejumlah Rp 100.000.000,- alhamdulillah direspon dengan jawaban insyaAllah
bisa dengan catatan ada pengajuan pinjaman dan adanya pertemuan kedua belah
pihak. Pendek kata 2 mninggu berikutnya kami Pimpinan Cabang Muhammadiyah boja
silaturrahmi ke Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang berada di
Jakarta, satu minggu berikutnya uang sejumlah Rp 100.000.000,- ditransfer dan
kami mengembalikannya secara mengangsur tiap bulandan alhamdulillah sudah
lunas. Secara bertahab bangunan gedung yang diatas tanah seluas 7.121 M yang
berada di lokasi baru yakni RT5/RW5 Tampingan Boja bisa kita tempati , secara
keseluruhan pindah dari SMA Muhammadiyah Boja Ke lokasi baru tahun 2004 dengan
ruang lantai 3 dan 1 lantai. Setelah menempati gedung sendiri mulailah animo
masyarkat meningkat tajam yakni menjadi 16 kelas , memandang animo yang begitu
tinggi maka pada tahun pelajaran 2009/2010 menambah jurusan yakni perbankan
syariah dan Busana Butik alhamdulillah terespon masyarakat , selang tiga tahun
kemudian tepatnya tahun pelajaran 2012/2013 menambah lagi paket keahlian yakni
Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Tahun ini yakni 2015/2016 kami sampaikan
kondisi SMK Muhammadiyah 2 Boja sebagai berikut :
1.
Jumlah siswa
keseluruhan 786
2.
Paket Keahlian :
Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Audio Video (TAV), Perbankan Syariah (PS)
Busana Butik (BB) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
3.
Jumlah rombongan
belajar 24 kelas
4.
Tenaga :
Pendidik 54 orang dan Kependidikan 19 orang
5.
Fasilitas :
a.
Masjid ukuran 19
X 16 M
b.
Ruang teori 17 :
1.
Tingkat 3 dan 2
2.
Tiap ruang baik
teori maupun praktek dilengkapi dengan LCD dan CCTV
3.
Ruang praktek 10
ruang
4.
Lab. IPA
5.
Lab/Bengkel dan
alat masing-masing paket keahlian
6.
Studio Musik
7.
Rebana Gita
Surya Nada dan Shooting
8.
Radio FM
9.
Belajar Stir
Mobil (khusus paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan
10.
Bisnees Center
(Foto Copy, Alat tulis, aqua dan sejenisnya, kebutuhan harian)
11.
Unit Produksi :
a.
Teknik Kendaraan
Ringan ( Servics , ganti oli, cuci , ban, ganti onderdil , menerima pesanan
tralis dll )
b.
Perbankan
Syariah ( Melayani tabungan siswa , guru dan karyawan )
c.
Busana Butik (
menerima jahitan, jual peralatan ,bahan jahit menjahit dan menjual hasil buatan
siswa
d.
Teknik Audio
Video yakni Pembuatan amplifieyer,salon, Servic TV, Radio, Kipas angin dll
f.
Ekstrakurikuler
: Hisbul Wathan, Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Volly, Rebana, Baca Al Qur’an,
Keputrian, Marching Band, Futsal, Latihan dasar Kepemimpinan dan PMR
6.
Prestasi yang
dimiliki:
a.
03 Maret 2011
Pencak Silat Putri Kls D dalam rangka POPDA Kab Kendal 1 Kabupaten
b.
05 Maret 2011
FESTIVAL REBANA KABUPATEN 1 Kabupaten
c.
22 Maret 2011
Pencak Silat Putri Kls D 3 Karisidenan
d.
12 Juli 2011
FESTIVAL REBANA dalam rangka Hari Jadi KABUPATEN KENDAL 1 Kabupaten
e.
21 – 22
September 2011 LKS Busana Butik 2 Kabupaten
f.
17-19 Februari
2012 Pencak Silat Putri dalam rangka POPDA Kab Kendal 1 Kabupaten
g.
Pencak Silat
Putra dalam rangka POPDA Kab Kendal 1 Kabupaten
h.
17 Juni 2012
Lomba Pidato Bahasa Inggris (OLIMICAD Tk Karisidenan) 2 Karisidenan
i.
18 Juli 2012
Lomba Renang 100 M Gaya Dada Putra 1 Kabupaten
j.
18 Juli 2012
Lomba Renang 50 M Gaya Kupu – Kupu Putra 1 Kabupaten
k.
29 Agustus 2012
Lomba Rebana dalam rangka TNI Manunggal 1 Kabupaten
l.
30 September
2012 Lomba Rebana Modern 1 Prov.Jateng
m.
Lomba Rebana
Modern Umum Prov.Jateng
n.
4-5 Maret 2013
Lomba Futsal dalam Rangka POPDA 2 Kabupaten
o.
15 Mei 2013
OLIMPIADE Matematika 1 Kabupaten
p.
29 Nopember 2013
Pencak Silat Putra Kls. C 2 Kabupaten
q.
26 Januari 2014
Lomba Rebana Modern 2 Kabupaten
r.
11 Agustus 2014
Lomba LKS TAV 2 Kabupaten
s.
02 Mei 2015
Lomba Festifal Band dalam rangka HARDIKNAS 2 Kabupaten
t.
4 – 8 Agustus
2015 Lomba LKS TAV 1 Kabupaten
u.
Lomba LKS TAV 2
Kabupaten
v.
Lomba LKS TKR 1
Kabupaten
w.
Lomba LKS BB 2
Kabupaten
x.
26-28 Oktober
2015 Pencak Silat Putri Kls D Tk. SMA/SMK Dalam Rangka DINPORA CUP Kabupaten
Kendal 2 Kabupaten
7.
Dalam
merealisasi Pendidikan Al Islam khususnya :
a.
Sholat Dhuhur /
Jum’at wajib melaksanakan secara berjamaah :
1.
Sholat Dhuhur di
Masjid At-Taqwa SMK Muhammadiyah 2 Boja
2.
Sholat Jum’at di
Masjid At-Taqwa SMK Muhammadiyah 2 Boja, Mushola Al Huda Tampingan dan Panti
Asuhan Yatim Piatu Shalahuddin Al Ayyubi Tampingan
3.
Sebelum sholat
dhuhur diisi kultum oleh guru / peserta didi
b.
Baca Al Qur’an :
1.
Semua peserta
didik memiliki Al-Qur’an
2.
Sebelum
pembelajaran dimulai :
a.
Pembimbing
membaca Al-Qur’an peserta didik menirukan
b.
Pembimbing
membacakan artinya peserta didik memperhatikan
Demikan sekilas profil SMK Muhammadiyah 2 Boja , untuk peningkatan kualitas dan kuantitas kami mohon dengan sangat bapak/ibu berkenan menyampaikan masukan.
Demikan sekilas profil SMK Muhammadiyah 2 Boja , untuk peningkatan kualitas dan kuantitas kami mohon dengan sangat bapak/ibu berkenan menyampaikan masukan.
2.
Visi, Misi SMK MUHAMMADIYAH
2 BOJA
VISI
:
Menjadi pusat pendidikan dan
pelatihan kejuruan yang menghasilkan tamatan kompeten, berjiwa
wirausaha untuk memenuhi tuntutan dunia usaha / dunia industri dan
pendidikan yang lebih tinggi dengan dilandasi iman dan takwa.
MISI :
- Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan terpadu yang berorientasi pada kecerdasan dan keterampilan.
- Memberikan pelayanan secara optimal kepada peserta didik, orang tua dan masyarakat serta dunia usaha / dunia industri.
- Membekali peserta didik dengan jiwa wirausaha.
- Menjalin kerjasama dengan dunia usaha / dunia industri untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dan pemenuhan tenaga kerja.
- Menciptakan lingkungan yang religius untuk menumbuhkan kepribadian yang beriman dan bertakwa pada peserta didik
3.
Manajemen Pemasaran Dalam Memikat Masyaerakat :
Nah di atas
adalah beberapa macam kondisi dari SMK Muhammadiyah 2 Boja pada saat ini, nah
sekarang kita masuk point penting ada beberapa macam pemasaran dalam SMK
Muhammadiyah menarik minat masyarakat antara lain :
1.
Memasarkan lewat blog atau pun web yang berhubungan
dengan SMK Muhammadiyah 2 boja
Di zaman
yang modern ini informasi dapat di peroleh melalui media media firtual seperti
google, dan SMK Muhammadiyah 2 boja ini tidak melupakan hal itu, bagaimana
sekarang blog merupakan hal yang umum bagi masyarakat, nah lewat blog ini SMK MUHAMMADIYAH
2 BOJA.COM nanti dapat di cek semua info tentang SMK Muhammadiyah 2 Boja
2.
Memasarkan dengan cara dari mulut mulut
Mulut,
setiap insan di dunia ini di beri kesempurnaan tak lupa juga dengan mulut.
Mulut adalah alat yang di gunakan unuk berbicara, nah banyak lulusan dari SMK
ini yang biasanya bercerita ke adik adiknya atau tetangganya bagaimana bagus
dan mutu sekolah SMK Muhammadiyah 2 boja ini
3.
Mengadakan workshop ataupun seminar tentang SMK Muhammadiyah 2 Boja
Seminar
merupakan cara yang terbaik untuk mempromosikan sekolah kita, dengan seminar
kita dapat bersosialisai dengan masyarakat luas apa yang kita punya di smk
kita, misalkan dengan seminar umum ini kita nantinya akan dapat menilik respon
masyarakat seberapa banyak yang tertarik hadir danbergabung dengan smk kita
4.
Memasang balihou di dekat keramaian ataupun jalan raya
Jalan raya
merupakan akses orang kemana kemana, dan SMK muhammadiyah 2 boja juga memasang
balihou raksasa di jalan supaya orang yang sedang lewat bisa melihat dan
memahami kalau SMK Muhammadiyah 2 Boja hadir dengan cara baru dan pendidikan
yang bagus dengan berdasarkan pada tuntunan ajaran agama islam
5.
Dengan cara membagikan browsur kepada khalayak umum
SMK
Muhmmadiyah 2 Boja juga membgikan browsur kepada para masyarakat yang lewat di
sekitar, dengan membagikan ini masyarakat akan jelas dengan apa yang di maksud
smk muhammadiyah 2 boja, nah di dalam browsur nipun ada bberapa macam isi,
antara lain :
a.
Visi misi
b.
Jurusan
c.
Kerjasama dengan beberapamperusahaan besar
d.
Ekstrakurikyuler
e.
Dan lain sebagainya yang bisa membuat orang tertarik
6.
Berkunjung ke SMP ataupun MTS guna mempromosikan SMK
Muhammadiyah 2 Boja
Berkunjung
ataupun silaturahmi adalah hal yang lumrah yang dilakukan oleh sekolah lain
juga makanya SMK Muhamadiyah juga masih menggunakan cara yang sama
7.
Mengikuti serangkaian kegiatan ataupun kegiatan harlah
muhammadiyah biasanaya pawai keliling atau mendirikan stand, dll
Harlah
muhammadiyah adalah acara yang di lakukan sekali dalam setahun, harlah ini juga
bisa disebut sebagai harilahir untuk muhammadiyah, nah pada acara ini biasanya
banyak acara seperti pawai keliling, jualan ataupun buka stand, dll. Nah SMK
Muhammadiyah 2 Boja ini juga melakukan atau mengikutsertaan daam acara ini,
misalnya mengikuti pawai taaruf keliling kabupaten taupun kecamatan, membuka
stand yang di dalamnya mengandung kreativitas anak anak SMK Muhammadiyah 2
Boja.
8.
Melakukan try out gratis yang diikuti oleh SMP atau
MTS yang kelas IX di daerah boja, limbangan, mijen dan bekerja sama dengan
primagama boja.
Kendala
kendala yang di hadapi saat pemasaran :
1.
Pemberian waktu sosialisasi dari smp atau mts tidak
menetu
2.
Keterbatasan ruang untuk try out gratis
3.
Keterbatasan personal untuk sosialisasi pada waktu
yang bersamaan
BAB V
ANALISIS DATA HASIL PENELITIAN
manajemen pemasaran Pendidikan adalah manajemen dengan sistem yang
berlandaskan pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional
dalam sebuah lembaga Pendidikan sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang
pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Jadi, yang ingin dicapai dari
pemasaran pendidikan adalah mendapatkan pelanggan yang disesuaikan dengan
target, baik itu yang berkaitan dengan kualitas maupun kuantitas dari calon
pelanggan (siswa). Sedangkan
fungsi dari pemasaan pendidikan adalah sebagai langkah pembaharuan ketika
sebuah lembaga pendidikan harus mengikuti atau mengimbangi ketatnya persaingan
dalam memperoleh pelanggan (customer). Jadi, pemasaran pendidikan berguna
sebagai suatu langkah dalam mengimbangi posisi pendidikan di era persaingan
global.
Setelah data-data mengenai
implementasi manajemen pemasaran di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA terkumpul, maka langkah selanjutnya yaitu menganalisis terhadap data-data
tersebut. Dalam bab ini, penulis akan menganalisis data hasil penelitian
yang dilaksanakan di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA.
ada beberapa macam pemasaran dalam SMK Muhammadiyah menarik minat
masyarakat antara lain :
1.
Memasarkan lewat blog atau pun web yang berhubungan
dengan SMK Muhammadiyah 2 boja
2.
Memasarkan dengan cara dari mulut mulut
3.
Mengadakan workshop ataupun seminar tentang SMK Muhammadiyah 2 Boja
4.
Memasang balihou di dekat keramaian ataupun jalan raya
5.
Dengan cara membagikan browsur kepada khalayak umum
SMK Muhmmadiyah 2 Boja juga membgikan browsur kepada
para masyarakat yang lewat di sekitar, dengan membagikan ini masyarakat akan
jelas dengan apa yang di maksud smk muhammadiyah 2 boja, nah di dalam browsur
nipun ada bberapa macam isi, antara lain :
a. Visi misi
b. Jurusan
c. Kerjasama
dengan beberapamperusahaan besar
d. Ekstrakurikyuler
e. Dan lain
sebagainya yang bisa membuat orang tertarik
6.
Berkunjung ke SMP ataupun MTS guna mempromosikan SMK
Muhammadiyah 2 Boja
7.
Mengikuti serangkaian kegiatan ataupun kegiatan harlah
muhammadiyah biasanaya pawai keliling atau mendirikan stand, dll
8.
Melakukan try out gratis yang diikuti oleh SMP atau
MTS yang kelas IX di daerah boja, limbangan, mijen dan bekerja sama dengan
primagama boja.
BAB VI
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan demikian manajemen pemasaran adalah manajemen dengan sistem yang
berpegang pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional
sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran. Sedangkan
yang dimaksud pendidikan dalam SISDIKNAS adalah “Pendidikan adalah usaha sadar
dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa,
dan negara.
Adapun cara pemasaran dalam SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA agak berbeda dengan
sekolah lain, itulah yang membedakan sekolah ini dengan sekolah smk lain pada
umumnya, antara lain :
1.
Memasarkan lewat blog atau pun web yang berhubungan
dengan SMK Muhammadiyah 2 boja
2.
Memasarkan dengan cara dari mulut mulut
3.
Mengadakan workshop ataupun seminar tentang SMK Muhammadiyah 2 Boja
4.
Memasang balihou di dekat keramaian ataupun jalan raya
5.
Dengan cara membagikan browsur kepada khalayak umum
SMK Muhmmadiyah 2 Boja juga membgikan browsur kepada
para masyarakat yang lewat di sekitar, dengan membagikan ini masyarakat akan
jelas dengan apa yang di maksud smk muhammadiyah 2 boja, nah di dalam browsur
nipun ada bberapa macam isi, antara lain :
a. Visi misi
b. Jurusan
c. Kerjasama
dengan beberapamperusahaan besar
d. Ekstrakurikyuler
e. Dan lain
sebagainya yang bisa membuat orang tertarik
6.
Berkunjung ke SMP ataupun MTS guna mempromosikan SMK
Muhammadiyah 2 Boja
7.
Mengikuti serangkaian kegiatan ataupun kegiatan harlah
muhammadiyah biasanaya pawai keliling atau mendirikan stand, dll
8.
Melakukan try out gratis yang diikuti oleh SMP atau
MTS yang kelas IX di daerah boja, limbangan, mijen dan bekerja sama dengan
primagama boja.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian tentang manajemen pemasaran SMK MUHAMMADIYAH
2 BOJA, maka peneliti menyampaikan
beberapa saran sebagai berikut :
1.
Sebaiknya dalam melakukan pemasaan sekolah harus lebih
bisa kreatif lagi supaya minat masyarakat akan lebih banyak
2.
Bisa menambah relasi dengan bimbe di mana saja supaya
bisa menyarankan ke sekolah tersebut
C. Penutup
Demikianlah laporan penelitian ini penulis buat, penulis menyadari bahwa dalam laporan penelitian ini masih banyak kekurangan
dan kesalahan. Penulis memohon maaf
yang sebesar-besarnya. Oleh karena itu penulis mohon kritik dan saran dari semua pihak. Semoga laporan penelitian ini
bermanfaat bagi pembaca dan pada khususnya penulis sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Alam, Buchari, 2007 Pemasaran
Strategik Jasa Pendidikan CV. Alfabeta, Bandung
Akdon, 2006, Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan, Bandung :
Alfabet
Mulyana, Deddy, 2001, Metodolgi Penelitian Kualitatif
Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosial, Bandung: PT.
Remaja Rodakarya.
KBBI Offline versi 1.1 freeware 2010 By
Ebta Setiawan
Saala, Syaiful,207 Manajemen
Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan, 2009, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta
[1] KBBI Offline versi 1.1 freeware
2010 By Ebta Setiawan
[4] H. Syaiful Saala, Manajemen
Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. (Bandung : Alfabeta, 2007),
hlm 15
[5] Tim Dosen Administrasi
Pendidikan, Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009),Hlm 348
[7] Deddy Mulyana, Metodolgi Penelitian Kualitatif
Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosial, (Bandung: PT. Remaja Rodakarya,
2001), hlm. 180
[8] Wawancara dengan bapak Nur Kirin, S. Pd selaku Waka Kesiswaan SMK MUHAMMADIYAH 2
BOJA, pada tanggal 10 Desember 2016
No comments:
Post a Comment