Sunday 19 February 2017

Laporan Mini Riset Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Walisongo Semarang



MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT
DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
LAPORAN MINI RISET

Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Manajemen Pendidikan Islam
Dosen Pengampu : Dr. Fatah Syukur, NC, M. Ag.







    Disusun Oleh :

Afan Iza Mustofa             ( 1403036033 )





FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2016



Lembar






KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga saya dapat melaksanakan penelitian tentang Manajemen Pemasaran di SMK 2 MUHAMMADIYAH BOJA, dengan lancar. Shalawat serta salam saya curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa ummat manusia pada gerbang kemuliaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata kuliah manajemen pendidikan Islam, yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa yang ikut mata kuliah manajemen pendidika Islam dengan dosen pengampu Dr.H.Fatah Syukur NC, M.Ag.
Tak lupa saya haturkan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Dr. H. Fatah Syukur NC, M.Ag yang mengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan Islam atas kesediaannya dalam memberikan bimbingan dan arahan di kelas sehingga bisa menambah pengetahuan saya terutam tentang manajemen pendidikan Islam.
Takluput para teman-teman KI-5 dan lembaga SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA yang telah bersedia menerima saya untuk melakukan penelitian. Dan semua yang ikut membantu saya dalam menyelesaikan tugas penelitian ini.
Akhirnya penulis berharap semoga penelitian ini dapat bermanfaat dan memberikan masukan bagi penyusun sendiri khususnya, dan umumnya bagi para pembaca. Amin, Terima kasih.






Semarang, 20 Desember 2016


                                                                                      Afan Iza Mustofa




HALAMAN JUDUL …………………………………………………….......................1
HALAMAN PENGESAHAN…….…………………………………………….............2
PENGANTAR PENELITI………………………………………………………............3
DAFTAR ISI ……………………………………….…………………………..............4
BAB I : PENDAHULUAN …………………………………………………….............5
A.    Latar belakang masalah ………………………………………………...............5
B.     Rumusan Masalah ……………………..…… ………….……………...............6
C.     Tujuan dan Manfaat Penelitian …..………………………………...............…..6
BAB II : LANDAAN TEORI  ........................................………………………............6
A. Konsep Manajemen Pemasaran..................................................................................6
1.      Pengertian Manajemen Pemasaran…………………………...................................6
2.      Tujuan dan fungsi Manajemen Pemasaran…………………...................................7
3.      Langkah langkah strategis manajemen pemasaran...................................................8
BAB III : METOD PENELITIAN………………………………………………...........9
BAB IV : DESKRIPSI DATA…...………………………………………………........10
BAB V : ANALISA DATA HASIL PENELITIAN………………….………….........17
BAB VI : PENUTUP…...………………………………………………………..........18
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………........20








BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sebagai salah satu komponen utama dalam sistem pendidikan, lembaga pendidikan sudah selayaknya memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Apabila lembaga pendidikan dianalogikan sebagai mesin produksi, maka kualitas output akan ditentukan oleh kualitas mesin tersebut. Artinya, pengelolaan pendidikan yang bermutu tidak terlepas dari fungsi-fungsi manajemen secara umum yaitu: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian. Fungsi-fungsi manajerial tersebut hendaknya dilakukan oleh setiap pengelola lembaga pendidikan secara efektif dan efisien, dan secara khusus pimpinan atau kepala merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya lembaga pendidikan.
Pendidikan yang bermutu merupakan standar kesesuain tampilan terhadap atribut-atribut yang dianggap penting oleh para pelanggan/pengguna jasa pendidikan. Atribut-atribut mutu tersebut hendaknya diketahui oleh penyelenggara lembaga pendidikan, sehingga dalam operasional kegiatan dapat mengacu pada kepentingan mutu pelanggan. Karena kegiatan pendidikan di sekolah adalah sebagai salah satu bentuk pelayanan jasa yang memiliki bentuk proses yang sirkuler bukan linier atau sekedar jual beli.
Pemasaran, yang lebih dikenal dengan istilah asing “marketing” adalah suatu metode baru untuk memajukan dan mengembangkan potensi sebuah organisasi dengan memusatkan sasaran atau target, terutama pada masyarakat yang benar-benar memutuhkan dan menginginkan organisasi kita, dan tujuan dari pemasaran adalah membantu pengelola suatu organisasi untuk memutuskan produk apa yang mesti ditawarkan terlebih dahulu.
Berkaitan dengan penjelasan diatas, selanjutnya peneliti akan meneliti hal – hal yang berkaitan dengan manajemen pemasaran di suatu lembaga, sehingga judul yang akan di teliti adalah “ MANAJEMEN PEMASARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA SEHINGGA MENARIK MINAT MASYARAKAT”

B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana cara pemasaran sekolah sehingga menarik minat masyarakat di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA?

C.     Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah
Tujuan :
Untuk mengetahui bagaimana poses pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Boja
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk memenuhi persyaratan mengikuti UAS bagi peneliti pada mata kuliah manajemen pendidikan islam.
2.      Dapat menambah pengetahuan penulis mengenai ilmu manajemen sekolah khususnya tentang Manajemen Pemasaran
3.      Bagi dunia pendidikan pada umumnya hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan pengaturan dan potensi peserta didik
4.      Dapat dijadikan wacana dan informasi mengenai Manajemen Pemasaran

BAB II
LANDASAN TEORI

A.    Konsep Manajemen Pemasaran

1.      Pengertian Manajemen Pemasaran
Dijelaskan dalam kamus besar bahasa indonesia mengenai arti manajemen, yaitu :
a.       penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran
b.      pimpinan yg bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Sedangkan pemasaran diartikan sebagai perihal berupa proses, cara, perbuatan yang menyangkut penyebarluasan barang dagangan (barang atau jasa) dari produser kepada konsumen.[1]
Dengan demikian manajemen pemasaran adalah manajemen dengan sistem yang berpegang pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran. Dan jika dilihat dari segi manajemen pemasaran, pendidikan sendiri dapat dikatakan sebagai produk jasa yang merupakan sesuatu tidak berwujud akan tetapi dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang dapat diproses dengan menggunakan atau tidak menggunakan bantuan produk fisik, dan proses yang terjadi merupakan interaksi antara penyedian jasa dengan pengguna jasa yang memiliki sifat tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemimpinan.[2]
Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran Pendidikan adalah manajemen dengan sistem yang berlandaskan pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional dalam sebuah lembaga Pendidikan sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran yang berorientasi pada konsumen.[3]

2.      Tujuan dan fungsi Manajemen Pemasaran
Untuk menentukan tujuan maupun fungsi dari pemasaran Pendidikan, tentunya tidak akan dapat terlepas dari pengertian yang telah disampaikan di atas. Adapun beberapa tujuan dari pemasaran pendidikan adalah
a.       Memberi informasi kepada masyarakat tentang produk-produk lembaga pendidikan
b.      Meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat pada produk lembaga pendidikan,
c.       Membedakan produk lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan yang lain,
d.      Memberikan penilaian lebih pada masyarakat dengan produk yang ditawarkan, dan
e.       Menstabilkan eksisensi dan kebermaknaan lembaga pendidikan di masyarakat.
Jadi, yang ingin dicapai dari pemasaran pendidikan adalah mendapatkan pelanggan yang disesuaikan dengan target, baik itu yang berkaitan dengan kualitas maupun kuantitas dari calon pelanggan (siswa).[4] Sedangkan fungsi dari pemasaan pendidikan adalah sebagai langkah pembaharuan ketika sebuah lembaga pendidikan harus mengikuti atau mengimbangi ketatnya persaingan dalam memperoleh pelanggan (customer). Jadi, pemasaran pendidikan berguna sebagai suatu langkah dalam mengimbangi posisi pendidikan di era persaingan global.[5]

3.      Langkah Langkah strategis Pemasaran Pendidikan

              Di dalam pemasaran pendidikan terdapat beberapa langkah strategis, yaitu :
1.      Identifikasi pasar, yaitu sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kondisi dan ekspektasi pasar termasuk atribut-atribut pendidikan yang menjadi kepentingan konsumen pendidikan.
2.      Segmentasi pasar dan positioning, yaitu membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan berdasarkan kebutuhan, karaktristik, atau tingkah laku yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda. Sedangkan positioning adalah karakteristik dan pembedaan produk yang nyata yang memudahkan konsumen untuk membedakan produk jasa antara satu lembaga dengan lembaga lainnya.
3.      Diferensiasi produk, melakukan diferensiasi merupakan cara yang efektif dalam mencari perhatian pasar. Strategi ini adalah strategi yang memberikan penawaran yang berbeda dibandingkan penawaran yang diberikan oleh kompetitor.
4.      Komunikasi pemasaran, yaitu publikasi prestasi oleh media independen, seperti berita dalam media massa.
5.      Pelayanan sekolah, hal ini terlihat sebagai apa yang diharapka konsumen. Kesenjangan yang sering terjadi adalah adanya perbedaan persepsi kualitas dan atribut jasa pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap organisasi jasa, termasuk sekolah terdapat beberapa ciri organisasi jasa yang baik, yaitu memiliki :
1.      Konsep strategis yang memiliki fokus pada konsumen
2.      Komitmen kualitas dari manajemen puncak.
3.      Penetapan standar yang tinggi.
4.      Sistem untuk memonitor kinerja jasa.
5.      Sistem untuk memuaskan keluhan pelanggan.
6.      Memuaskan karyawan sama engan pelanggan.

Terdapat lima langkah dalam rangka mencapai ciri-ciri di atas, yaitu :
1.      Keandalan merupakan kemamampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan dengan tepat dan terpercaya.
2.      Responsif merupakan kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat.
3.      Keyakinan merupakan pengetahuan dan kompetensi guru dan kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan.
4.      Empati merupakan syarat untuk peduli, memberi perhatian pribadi bagi pelanggan.
5.      Berujud merupakan penampilan fasilitas fisik, peralatan, personil dan media komunikasi.[6]

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Rancangan Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode penelitian ini merupakan metode yang berusaha untuk mengungkap fakta suatu kejadian, obyek, aktivitas, proses, dan manusia secara apa adanya pada waktu sekarang atau jangka waktu yang masih memungkinkan dalam ingatan responden.
B.     Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen Pemasaran di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
C.     Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
D.    Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Metode Observasi
            Metode observasi diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian.[7] Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan tentang situasi umum di SK MUHAMMADIYAH 2 BOJA yang meliputi : tinjauan Historis, dan Manajeme pemasaran. Selain itu teknik ini juga digunakan untuk melihat dari dekat kendala-kendala dalam bauran pemasaran yang telah dilakukan.
2.      Metode Interview (wawancara)
Metode Interview (wawancara) adalah bentuk komunikasi antara dua orang, melibatkan seseorang yang ingin memperoleh informasi dari seseorang lainnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan beradasarkan tujuan tertentu.[8] Dalam hal ini penulis menggunakan metode wawancara langsung dengan kepala SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA dan Waka Kesiswaan SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA


BAB IV
DESKRIPSI DATA DAN ANALISIS DATA

A.    Gambaran Umum SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
1.      Profil SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA

SMK Muhammadiyah 2 Boja berdiri tanggal 18 Juli tahun 1990 masih menumpang SMA Muhammadiyah 2 Boja dalam proses pembelajarannya masuk siang sedang pagi digunakan pembelajaran SMA Muhammadiyah 2 Boja, Jurusan yang dibuka adalah Teknik Elektro dan Teknik Otomotif masing masing 1 kelas dengan jumlah siswa 27 untuk Teknik Otomotif dan 20 Teknik Elektro, pendirian tersebut dengan pengajuan MPK Muhammadiyah Kendal tanggal 10 November 1989 nomor E.6/MPK/117/189 dan dengan Surat Persetujuan Pendirian /Persetujuan Penyelenggaraan sekolah Swasta Kepala kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dengan nomor 676/I03/I/90 tertanggal 17 Mei1990.
Tahun ketahun Animo masyarakat mengalami peningkatan maka Pimpimam Cabang Muhammadiyah Boja Majelis Dikdasmen berupaya secara maksimal untuk bisa memiliki tanah yang digunakan untuk SMK Muhammadiyah 2 Boja, Secara bertahap membeli tanah seluas 7.121 M. Pembelian tersebut dengan cara dilelang kepada warga Muhammadiyah dan sesudah tanah terbeli secara bertahab pula membangun gedung , berdasarkan rapat PCM dan Dikdasmen serta Panitia pembangunan sepakat membangun gedung A 3 Lantai dengan dana salah satunya pinjam KOSPIN JASA Weleri, alhmdulillah pengajuan permohonan pinjam direalisasi. Dengan dana yang dimiliki dan hasil pinjaman membuat 4 dak lantai 2 sudah jadi untuk meneruskannya kehabisan dana, pada tahun 1999 ada workshop yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang pada saat itu ketuanya bapak Prof Yunan yusuf , pada saat workshop bapak Yunan menyampaikan bahwa Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah memiliki dana , begitu selesai bapak Yunan Yususf memberikan materi kami langsung silaturrahim dan lobi bagaimana kalau Pimpinan Cabang Muhammadiyah Boja pinjam uang sejumlah Rp 100.000.000,- alhamdulillah direspon dengan jawaban insyaAllah bisa dengan catatan ada pengajuan pinjaman dan adanya pertemuan kedua belah pihak. Pendek kata 2 mninggu berikutnya kami Pimpinan Cabang Muhammadiyah boja silaturrahmi ke Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang berada di Jakarta, satu minggu berikutnya uang sejumlah Rp 100.000.000,- ditransfer dan kami mengembalikannya secara mengangsur tiap bulandan alhamdulillah sudah lunas. Secara bertahab bangunan gedung yang diatas tanah seluas 7.121 M yang berada di lokasi baru yakni RT5/RW5 Tampingan Boja bisa kita tempati , secara keseluruhan pindah dari SMA Muhammadiyah Boja Ke lokasi baru tahun 2004 dengan ruang lantai 3 dan 1 lantai. Setelah menempati gedung sendiri mulailah animo masyarkat meningkat tajam yakni menjadi 16 kelas , memandang animo yang begitu tinggi maka pada tahun pelajaran 2009/2010 menambah jurusan yakni perbankan syariah dan Busana Butik alhamdulillah terespon masyarakat , selang tiga tahun kemudian tepatnya tahun pelajaran 2012/2013 menambah lagi paket keahlian yakni Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Tahun ini yakni 2015/2016 kami sampaikan kondisi SMK Muhammadiyah 2 Boja sebagai berikut :
1.       Jumlah siswa keseluruhan 786
2.       Paket Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Audio Video (TAV), Perbankan Syariah (PS) Busana Butik (BB) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
3.       Jumlah rombongan belajar 24 kelas
4.       Tenaga : Pendidik 54 orang dan Kependidikan 19 orang
5.       Fasilitas :
a.       Masjid ukuran 19 X 16 M
b.      Ruang teori 17 :
1.       Tingkat 3 dan 2
2.       Tiap ruang baik teori maupun praktek dilengkapi dengan LCD dan CCTV
3.       Ruang praktek 10 ruang
4.       Lab. IPA
5.       Lab/Bengkel dan alat masing-masing paket keahlian
6.       Studio Musik
7.       Rebana Gita Surya Nada dan Shooting
8.       Radio FM
9.       Belajar Stir Mobil (khusus paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan
10.   Bisnees Center (Foto Copy, Alat tulis, aqua dan sejenisnya, kebutuhan harian)
11.   Unit Produksi :
a.       Teknik Kendaraan Ringan ( Servics , ganti oli, cuci , ban, ganti onderdil , menerima pesanan tralis dll )
b.      Perbankan Syariah ( Melayani tabungan siswa , guru dan karyawan )
c.       Busana Butik ( menerima jahitan, jual peralatan ,bahan jahit menjahit dan menjual hasil buatan siswa
d.      Teknik Audio Video yakni Pembuatan amplifieyer,salon, Servic TV, Radio, Kipas angin dll
f.       Ekstrakurikuler : Hisbul Wathan, Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Volly, Rebana, Baca Al Qur’an, Keputrian, Marching Band, Futsal, Latihan dasar Kepemimpinan dan PMR
6.       Prestasi yang dimiliki:
a.       03 Maret 2011 Pencak Silat Putri Kls D dalam rangka POPDA Kab Kendal 1 Kabupaten
b.      05 Maret 2011 FESTIVAL REBANA KABUPATEN 1 Kabupaten
c.       22 Maret 2011 Pencak Silat Putri Kls D 3 Karisidenan
d.      12 Juli 2011 FESTIVAL REBANA dalam rangka Hari Jadi KABUPATEN KENDAL 1 Kabupaten
e.      21 – 22 September 2011 LKS Busana Butik 2 Kabupaten
f.        17-19 Februari 2012 Pencak Silat Putri dalam rangka POPDA Kab Kendal 1 Kabupaten
g.       Pencak Silat Putra dalam rangka POPDA Kab Kendal 1 Kabupaten
h.      17 Juni 2012 Lomba Pidato Bahasa Inggris (OLIMICAD Tk Karisidenan) 2 Karisidenan
i.         18 Juli 2012 Lomba Renang 100 M Gaya Dada Putra 1 Kabupaten
j.        18 Juli 2012 Lomba Renang 50 M Gaya Kupu – Kupu Putra 1 Kabupaten
k.       29 Agustus 2012 Lomba Rebana dalam rangka TNI Manunggal 1 Kabupaten
l.         30 September 2012 Lomba Rebana Modern 1 Prov.Jateng
m.    Lomba Rebana Modern Umum Prov.Jateng
n.      4-5 Maret 2013 Lomba Futsal dalam Rangka POPDA 2 Kabupaten
o.      15 Mei 2013 OLIMPIADE Matematika 1 Kabupaten
p.      29 Nopember 2013 Pencak Silat Putra Kls. C 2 Kabupaten
q.      26 Januari 2014 Lomba Rebana Modern 2 Kabupaten
r.        11 Agustus 2014 Lomba LKS TAV 2 Kabupaten
s.       02 Mei 2015 Lomba Festifal Band dalam rangka HARDIKNAS 2 Kabupaten
t.        4 – 8 Agustus 2015 Lomba LKS TAV 1 Kabupaten
u.      Lomba LKS TAV 2 Kabupaten
v.       Lomba LKS TKR 1 Kabupaten
w.     Lomba LKS BB 2 Kabupaten
x.       26-28 Oktober 2015 Pencak Silat Putri Kls D Tk. SMA/SMK Dalam Rangka DINPORA CUP Kabupaten Kendal 2 Kabupaten
7.       Dalam merealisasi Pendidikan Al Islam khususnya :
a.       Sholat Dhuhur / Jum’at wajib melaksanakan secara berjamaah :
1.       Sholat Dhuhur di Masjid At-Taqwa SMK Muhammadiyah 2 Boja
2.       Sholat Jum’at di Masjid At-Taqwa SMK Muhammadiyah 2 Boja, Mushola Al Huda Tampingan dan Panti Asuhan Yatim Piatu Shalahuddin Al Ayyubi Tampingan
3.       Sebelum sholat dhuhur diisi kultum oleh guru / peserta didi
b.      Baca Al Qur’an :
1.       Semua peserta didik memiliki Al-Qur’an
2.       Sebelum pembelajaran dimulai :
a.       Pembimbing membaca Al-Qur’an peserta didik menirukan
b.      Pembimbing membacakan artinya peserta didik memperhatikan
Demikan sekilas profil SMK Muhammadiyah 2 Boja , untuk peningkatan kualitas dan kuantitas kami mohon dengan sangat bapak/ibu berkenan menyampaikan masukan.


2.      Visi, Misi SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA
                  VISI :
Menjadi pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan yang menghasilkan tamatan kompeten, berjiwa wirausaha untuk memenuhi tuntutan dunia usaha / dunia industri dan pendidikan yang lebih tinggi dengan dilandasi iman dan takwa.
            MISI :
  1. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan terpadu yang berorientasi pada kecerdasan dan keterampilan.
  2. Memberikan pelayanan secara optimal kepada peserta didik, orang tua dan masyarakat serta dunia usaha / dunia industri.
  3. Membekali peserta didik dengan jiwa wirausaha.
  4. Menjalin kerjasama dengan dunia usaha / dunia industri untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dan pemenuhan tenaga kerja.
  5. Menciptakan lingkungan yang religius untuk menumbuhkan kepribadian yang beriman dan bertakwa pada peserta didik

3.      Manajemen Pemasaran Dalam Memikat Masyaerakat :

Nah di atas adalah beberapa macam kondisi dari SMK Muhammadiyah 2 Boja pada saat ini, nah sekarang kita masuk point penting ada beberapa macam pemasaran dalam SMK Muhammadiyah menarik minat masyarakat antara lain :
1.      Memasarkan lewat blog atau pun web yang berhubungan dengan SMK Muhammadiyah 2 boja
Di zaman yang modern ini informasi dapat di peroleh melalui media media firtual seperti google, dan SMK Muhammadiyah 2 boja ini tidak melupakan hal itu, bagaimana sekarang blog merupakan hal yang umum bagi masyarakat, nah lewat blog ini SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA.COM nanti dapat di cek semua info tentang SMK Muhammadiyah 2 Boja
2.      Memasarkan dengan cara dari mulut mulut
Mulut, setiap insan di dunia ini di beri kesempurnaan tak lupa juga dengan mulut. Mulut adalah alat yang di gunakan unuk berbicara, nah banyak lulusan dari SMK ini yang biasanya bercerita ke adik adiknya atau tetangganya bagaimana bagus dan mutu sekolah SMK Muhammadiyah 2 boja ini
3.      Mengadakan workshop ataupun seminar tentang SMK  Muhammadiyah 2 Boja
Seminar merupakan cara yang terbaik untuk mempromosikan sekolah kita, dengan seminar kita dapat bersosialisai dengan masyarakat luas apa yang kita punya di smk kita, misalkan dengan seminar umum ini kita nantinya akan dapat menilik respon masyarakat seberapa banyak yang tertarik hadir danbergabung dengan smk kita
4.      Memasang balihou di dekat keramaian ataupun jalan raya
Jalan raya merupakan akses orang kemana kemana, dan SMK muhammadiyah 2 boja juga memasang balihou raksasa di jalan supaya orang yang sedang lewat bisa melihat dan memahami kalau SMK Muhammadiyah 2 Boja hadir dengan cara baru dan pendidikan yang bagus dengan berdasarkan pada tuntunan ajaran agama islam
5.      Dengan cara membagikan browsur kepada khalayak umum
SMK Muhmmadiyah 2 Boja juga membgikan browsur kepada para masyarakat yang lewat di sekitar, dengan membagikan ini masyarakat akan jelas dengan apa yang di maksud smk muhammadiyah 2 boja, nah di dalam browsur nipun ada bberapa macam isi, antara lain :
a.       Visi misi
b.      Jurusan
c.       Kerjasama dengan beberapamperusahaan besar
d.      Ekstrakurikyuler
e.       Dan lain sebagainya yang bisa membuat orang tertarik
6.      Berkunjung ke SMP ataupun MTS guna mempromosikan SMK Muhammadiyah 2 Boja
Berkunjung ataupun silaturahmi adalah hal yang lumrah yang dilakukan oleh sekolah lain juga makanya SMK Muhamadiyah juga masih menggunakan cara yang sama
7.      Mengikuti serangkaian kegiatan ataupun kegiatan harlah muhammadiyah biasanaya pawai keliling atau mendirikan stand, dll
Harlah muhammadiyah adalah acara yang di lakukan sekali dalam setahun, harlah ini juga bisa disebut sebagai harilahir untuk muhammadiyah, nah pada acara ini biasanya banyak acara seperti pawai keliling, jualan ataupun buka stand, dll. Nah SMK Muhammadiyah 2 Boja ini juga melakukan atau mengikutsertaan daam acara ini, misalnya mengikuti pawai taaruf keliling kabupaten taupun kecamatan, membuka stand yang di dalamnya mengandung kreativitas anak anak SMK Muhammadiyah 2 Boja.
8.      Melakukan try out gratis yang diikuti oleh SMP atau MTS yang kelas IX di daerah boja, limbangan, mijen dan bekerja sama dengan primagama boja.

Kendala kendala yang di hadapi saat pemasaran :
1.      Pemberian waktu sosialisasi dari smp atau mts tidak menetu
2.      Keterbatasan ruang untuk try out gratis
3.      Keterbatasan personal untuk sosialisasi pada waktu yang bersamaan

BAB V
ANALISIS DATA HASIL PENELITIAN

manajemen pemasaran Pendidikan adalah manajemen dengan sistem yang berlandaskan pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional dalam sebuah lembaga Pendidikan sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Jadi, yang ingin dicapai dari pemasaran pendidikan adalah mendapatkan pelanggan yang disesuaikan dengan target, baik itu yang berkaitan dengan kualitas maupun kuantitas dari calon pelanggan (siswa).  Sedangkan fungsi dari pemasaan pendidikan adalah sebagai langkah pembaharuan ketika sebuah lembaga pendidikan harus mengikuti atau mengimbangi ketatnya persaingan dalam memperoleh pelanggan (customer). Jadi, pemasaran pendidikan berguna sebagai suatu langkah dalam mengimbangi posisi pendidikan di era persaingan global.
Setelah data-data mengenai implementasi manajemen pemasaran di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA terkumpul, maka langkah selanjutnya yaitu menganalisis terhadap data-data tersebut.  Dalam bab ini, penulis akan menganalisis data hasil penelitian yang dilaksanakan di SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA.
ada beberapa macam pemasaran dalam SMK Muhammadiyah menarik minat masyarakat antara lain :
1.      Memasarkan lewat blog atau pun web yang berhubungan dengan SMK Muhammadiyah 2 boja
2.      Memasarkan dengan cara dari mulut mulut
3.      Mengadakan workshop ataupun seminar tentang SMK  Muhammadiyah 2 Boja
4.      Memasang balihou di dekat keramaian ataupun jalan raya
5.      Dengan cara membagikan browsur kepada khalayak umum
SMK Muhmmadiyah 2 Boja juga membgikan browsur kepada para masyarakat yang lewat di sekitar, dengan membagikan ini masyarakat akan jelas dengan apa yang di maksud smk muhammadiyah 2 boja, nah di dalam browsur nipun ada bberapa macam isi, antara lain :
a.       Visi misi
b.      Jurusan
c.       Kerjasama dengan beberapamperusahaan besar
d.      Ekstrakurikyuler
e.       Dan lain sebagainya yang bisa membuat orang tertarik
6.        Berkunjung ke SMP ataupun MTS guna mempromosikan SMK Muhammadiyah 2 Boja
7.        Mengikuti serangkaian kegiatan ataupun kegiatan harlah muhammadiyah biasanaya pawai keliling atau mendirikan stand, dll
8.        Melakukan try out gratis yang diikuti oleh SMP atau MTS yang kelas IX di daerah boja, limbangan, mijen dan bekerja sama dengan primagama boja.


BAB VI
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dengan demikian manajemen pemasaran adalah manajemen dengan sistem yang berpegang pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran. Sedangkan yang dimaksud pendidikan dalam SISDIKNAS adalah “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Adapun cara pemasaran dalam SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA agak berbeda dengan sekolah lain, itulah yang membedakan sekolah ini dengan sekolah smk lain pada umumnya, antara lain :
1.      Memasarkan lewat blog atau pun web yang berhubungan dengan SMK Muhammadiyah 2 boja
2.      Memasarkan dengan cara dari mulut mulut
3.      Mengadakan workshop ataupun seminar tentang SMK  Muhammadiyah 2 Boja
4.      Memasang balihou di dekat keramaian ataupun jalan raya
5.      Dengan cara membagikan browsur kepada khalayak umum
SMK Muhmmadiyah 2 Boja juga membgikan browsur kepada para masyarakat yang lewat di sekitar, dengan membagikan ini masyarakat akan jelas dengan apa yang di maksud smk muhammadiyah 2 boja, nah di dalam browsur nipun ada bberapa macam isi, antara lain :
a.       Visi misi
b.      Jurusan
c.       Kerjasama dengan beberapamperusahaan besar
d.      Ekstrakurikyuler
e.       Dan lain sebagainya yang bisa membuat orang tertarik
6.      Berkunjung ke SMP ataupun MTS guna mempromosikan SMK Muhammadiyah 2 Boja
7.      Mengikuti serangkaian kegiatan ataupun kegiatan harlah muhammadiyah biasanaya pawai keliling atau mendirikan stand, dll
8.      Melakukan try out gratis yang diikuti oleh SMP atau MTS yang kelas IX di daerah boja, limbangan, mijen dan bekerja sama dengan primagama boja.

B.     Saran
Berdasarkan hasil penelitian tentang manajemen pemasaran SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA, maka peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut :
1.      Sebaiknya dalam melakukan pemasaan sekolah harus lebih bisa kreatif lagi supaya minat masyarakat akan lebih banyak
2.      Bisa menambah relasi dengan bimbe di mana saja supaya bisa menyarankan ke sekolah tersebut
C.    Penutup
Demikianlah laporan penelitian ini penulis buat, penulis menyadari bahwa dalam laporan penelitian ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya. Oleh karena itu penulis mohon kritik dan saran dari semua pihak. Semoga laporan penelitian ini bermanfaat bagi pembaca dan pada khususnya penulis sendiri.















DAFTAR PUSTAKA

Alam, Buchari, 2007 Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan CV. Alfabeta, Bandung
Akdon, 2006, Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan, Bandung : Alfabet
Mulyana, Deddy, 2001, Metodolgi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosial, Bandung: PT. Remaja Rodakarya.
KBBI Offline versi 1.1 freeware 2010 By Ebta Setiawan
Saala, Syaiful,207 Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan, 2009, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta





[1] KBBI Offline versi 1.1 freeware 2010 By Ebta Setiawan
[2] Tim Dosen Administrasi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009) Hlm 335.

[3] Dr Akdon, Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan, ( Bandung : Alfabet, 2006), hlm 56
[4] H. Syaiful Saala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. (Bandung : Alfabeta, 2007), hlm 15

[5] Tim Dosen Administrasi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009),Hlm 348
[6] Alam, Buchari, H, Prof. DR., Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan CV. Alfabeta, Bandung

[7] Deddy Mulyana, Metodolgi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosial, (Bandung: PT. Remaja Rodakarya, 2001), hlm. 180  
[8] Wawancara dengan bapak Nur Kirin, S. Pd selaku Waka Kesiswaan SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA, pada tanggal 10 Desember 2016

No comments:

Post a Comment